LMND BOGOR

Liga Mahasiswa Nasoinal Untuk Demokrasi Eksekutif Kabupaten Bogor

  • Monday, January 23, 2017

    DONGENG IBU (PANCASILA)

    Ceritailah aku
    Apa itu PANCASILA
    Aku terkadang lelah membaca
    Lembaran-lembaran sejarah
    Yang memuat simpang siur kabar
    Tanpa dasar

    Ibu,
    Ibu,
    Aku rindu
    Aku mohon Ibu
    Menguraikan kembali semangat para pejuang kita semasa ibu masih muda
    Ibu selalu berkata,
    Dengan tulus mereka bekerja untuk bangsa
    Dengan ikhlas mereka mendarmabaktikan pikiran dan tenaganya, demi bangsa
    Ibu,
    Dimanakah PANCASILA itu ada
    Ibu selalu menjawab:
    Di setiap tarikan napas
    Anak bangsa
    Yang ada di lorong kota
    Maupun yg ada di lereng gunung dan di desa-desa
    Ibu
    Ceritakanlah lagi apa itu
    PANCASILA
    Ya,
    Dia lahir dari ruh
    Kehidupan nenek moyang kita
    Dia melahirkan bangsa kita
    Dia menegakkan bangsa kita
    Dia mempersatukan bangsa kita
    Dan dia harapan dari seluruh saudara kita
    Dari Aceh sampai Papua
    Ceritakanlah lagi Ibu
    PANCASILA
    Pada awal kelahirannya
    Bergelora menjadi falsafah,
    Prilaku dan harapan kita semua,
    Kemudian
    Setelah bangsa kita
    Dicabik-cabik
    Angkara murka,
    PANCASILA dijadikan Tuhan untuk
    Melindungi kekuasaan tanpa sila,
    Membunuh semangat anak bangsa
    Dan sekarang PANCASILA
    Tlah kehilangan sila-silanya
    karena kita kehilangan
    Jati diri kita
    serta kehilangan martabat kita
    sebagai sebuah bangsa
    Sekarang kita menjadi kuli
    Di negeri sendiri
    Ditindas oleh bangsa asing, maupun bangsa sendiri
     Ibu
    Sekarang aku tahu
    Kenapa PANCASILA
    Sudah tiada, dan aku tidak lagi mendengar cerita tentang PANCASILA
    Di Gedung yg tinggi
    Di Gedung para Gubernur dan Bupati
    Di Istana para Penguasa negeri ini.
    Oh,
    Jangankan cerita, ingatan mereka saja sudah sirna, apalagi prilakunya
    Yang ada dalam hati dan pikiran mereka
    Hanyalah harta
    Walau dengan cara menjual bangsa
    Dan mengubur PANCASILA
    Serta semangat
    Para pendiri bangsa
    Jangan menangis Ibu
    Aku sudah tahu,
    duduk perkaranya
    Aku akan bangkit dan bergerak
    Bersama saudara kita yg ada
    Di lereng gunung
    Maupun lorong kota
    Untuk menegakkan kembali
    PANCASILA
    Seperti semangat para Pendiri Bangsa kita
    (Agus Jabo Priyono)

    No comments:

    Post a Comment