LMND BOGOR

Liga Mahasiswa Nasoinal Untuk Demokrasi Eksekutif Kabupaten Bogor

  • Wednesday, January 1, 2020

    Sambangi Korban Banjir di Cigudeg, LMND Bogor Turun Tangan

    CIGUDEG, BOGOR, LMND BOGOR- Hujan deras menyirami Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor pada dini hari Rabu (1/1/2020) yang mengakibatkan meluapnya debit air Sungai Cidurian.

    Wawancara dengan Kepala Desa terpilih Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jajat Sudrajat. Rabu (1/1/2020). (LMND Bogor/Anjar Sunarya)
    Luapan air Sungai Cidurian tersebut menenggelamkan beberapa desa dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Jasinga beberapa diantaranya, Desa Kalong Sawah, Desa Sipak, Desa Pemegarsari, Desa Jasinga, Desa Koleang, Desa Bagiang, Desa Tegal Wangi, Desa Pengaur dan Desa Bunar.

    Sedikitnya ada 3 anggota Eksekutif Kabupaten Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi Bogor (EK LMND Bogor) yakni Muhammad Lutfi (Elpe), Rizki Nurmansyah, dan Anjar Sunarya yang langsung menyambangi lokasi kejadian bencana di Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor tersebut.

    Muhammad Lutfi (Elpe) salah satu anggota EK LMND Bogor yang juga merupakan mahasiswa prodi KPI INAIS Sahid Bogor, memberikan keterangan berdasarkan penyisiran data di lokasi kejadian bencana bahwa memang benar terjadinya bencana banjir tersebut menenggelamkan beberapa Desa dari dua Kecamatan yakni, Kecematan Cigudeg dan Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor.

    Selain itu dampak dari bencana tersebut juga mengakibatkan akses jalan penghubung 2 jembatan antar desa ikut hanyut terbawa arus luapan Sungai Cidurian. Jembatan itu terletak di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg.

    Elpe menambahkan dirinya dengan 2 orang rekan anggota EK LMND Bogor menggali informasi data-data korban meninggal atau luka-luka, kerugian material, mendata akses RS yang terdekat untuk evakuasi korban bencana dan pendataan kebutuhan-kebutuhan terkait dampak tersebut.

    Sementara itu, Asep Sutiawan Ketua Umum EK LMND Bogor menegaskan kepada seluruh anggota untuk turut aktif dan terjun langsung memberikan bantuan baik secara materil dan immateril kepada para warga korban yang terdampak bencana .

    Ia menghimbau kepada seluruh anggota untuk segera membentuk program baik membuka posko bencana ataupun penggalangan donasi dan terjun langsung kebeberapa titik lokasi terdampak bencana banjir dan longsor yang ada di Kabupaten Bogor.


    Penulis & Editor Redaksi : Fregi Akmal 

    No comments:

    Post a Comment